Kamis, 18 Mei 2017

FUNGSI BISNIS RADAR MALANG

Share it Please

Pemateri : Kurniawan Muhamad
Materi    : Fungsi Bisnis Radar Malang
Tempat   : Perguruan Tinggi STMIK-STIE Asia Malang



     Jawa Pos berdiri sejak tahun 1980-an. Kemudian membuat 7(Tujuh) Radar di Jawa Timur ketika diberlakukan Otonomi daerah. 7 Radar tersebut antara lain :
  1. Malang
  2. Kediri
  3. Jember
  4. Bromo
  5. Madiun
  6. Bali 
  7. Madura
     Kemudian Berkembang di daerah :
  1. Banyuwangi
  2. Surabaya
  3. Tulungagung
  4. Probolinggo
  5. Pasuruan
      Radar Malang termasuk cluster Jawa Pos Radar (JPR) dan terdiri atas 18 koran lokal. Radar Malang terbesar dalam hal Oplah(Jumlah eksemplar) dan Kapitalisasi (Omset dan Laba). Radar malang memiliki partner pada 35 televisi lokal.

     Selain itu, Radar Malang juga memiliki Bisnis lain seperti :
  • Hotel News
  • Adiprima Suraprinta (Pabrik Kertas)
  • Percetakan
  • Power Plant
     Untuk menggaet para pelanggan, Radar Malang setiap 3 bulan sekali mengadakan kompetisi. Dimana penilaiannya dari segi Foto, Isi, dan Infografis.

     Radar Malang menjunjung dua ideologi, yaitu :
  • Idealis = News (Kepentingan dan Keinginan Publik)
  • Bisnis = Iklan (Kepentingan dan Keinginan Klien)

     Tantangan yang di hadapi Radar Malang seperti :
  • Gempuran media sosial, online.
  • Live style berubah.
  • Perubahan demografis (tren)
     Untuk menghadapi masalah seperti diatas, beberapa langkah diambil oleh pihak Radar Malang, antara lain :
  1. Strategi Konten Pola pemberitaan lebih Indepth, Investigative, dan Blow up
  2. Membuat Online Berbasis Print
    Berita cetak mengait di online, dan sebaliknya. Online tidak boleh membunuh berita cetak.
  3. Dekat Dengan Pembaca
    News harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat.
  4. Menggaet Minat Pembaca Muda
    Mengenalkan koran pada generasi baru untuk regenerasi pembaca.
  5. Menggaet Komunikasi, Keluarga, Perempuan
    Mengenalkan koran lewat keluarga melalui komunikasi.
  6. Selalu Berada Dalam "Alam Bawah Sadar" Pembaca
    Brand Radar Malang harus terus-menerus tampil ke publik.
     Radar Malang memiliki devisi antara lain :
  1. Redaksi
  2. Iklan
  3. Koran, Event, dan Pengembangan Bisnis
  4. Keuangan 
  5. HRD dan Umum.
     5 Kekuatan Radar Malang :
  1. Penentuan Pasar.Segmentation, Targeting, and Positioning
  2. Perencanaan Produk.Peduli packaging, produk yang bisa di butuhkan pelanggan
  3. Manajemen Harga.Menentukan harga psikologis koran.
  4. Distribusi.Percetakan - Ekspedisi - Agen - Sub Agen - Striker - Pelanggan
  5. Promosi dan Komunikasi
    • Promosi by product
    • Promosi by customer satisfaction
    • Promosi by recognition

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me

Blogroll

About